Anthony De Mello



Baru hari ini saya tahu pengarang dari sebuah cerita yang telah saya ketahui sejak saya duduk di bangku SMP. Boneka Garam, sebuah cerita pendek menyerupai dongeng, secara tidak sengaja saya dapatkan dari seorang kakak. Cerita ini langsung mengobsesi pikiran saya sebagai seorang anak SMP yang masih bingung dengan jati dirinya (sampai sekarang juga masih), dan langsung masuk buku harian tentunya.

Hari ini, thanks to internet technology, saya akhirnya tahu siapa pengarangnya. Adalah Anthony De Mello yang menuliskan cerita ini dalam bukunya Burung Berkicau (The Song of the Bird). Anthony De Mello adalah seorang biarawan Katolik dari India, meninggal pada tahun 1987.

Saya adalah seorang muslim, ternyata selama ini mengagumi sebuah karya seorang biarawan. "Wisdom" memang tidak mengenal batas agama.


Boneka Garam
Sebuah boneka garam berjalan beribu-ribu kilometer menjelajahi daratan, sampai akhirnya ia tiba di tepi laut.
Ia amat terpesona oleh pemandangan baru, massa yang bergerak-gerak, berbeda dengan segala sesuatu yang pernah ia lihat sebelumnya.
'Siapakah kau?' tanya boneka garam kepada laut.
Sambil tersenyum laut menjawab:
'Masuk dan lihatlah!'
Maka boneka garam itu menceburkan diri ke laut. Semakin jauh masuk ke dalam laut, ia semakin larut, sampai hanya tinggal segumpal kecil saja. Sebelum gumpalan terakhir larut, boneka itu berteriak bahagia: 'Sekarang aku tahu, siapakah aku!'


A link to another writings by Anthony de Mello in Bahasa Indonesia.

1 comment:

Anonymous said...

Tulisannya kok ?
http://affan.blogdrive.com/comments?id=35/