CERPEN: SEPERTI DAUN GUGUR

oleh: Rahmadini
dimuat di Majalah Sekar edisi 103/13, 20 Februari- 6 Maret 2013

seperti daun gugur
Ada selembar daun gugur terbang di atas jalanan padat yang dilalui Mira sore ini. Daun kecoklatan itu melayang pelan dihembus angin yang tak terlalu kencang. Mira tersenyum. Semua akan baik-baik saja. 
 
Mira menghela napas perlahan dan menatap selembar daun kering lain yang sedang menari di atas kendaaraan di depannya. Sungguh pemandangan yang selalu disukainya. Daun-daun yang melepaskan diri dari ujung-ujung ranting. Mereka seakan sedang menarikan tarian yang begitu cantik. Tarian kebebasan.

Ya, semua akan baik-baik saja. 

Ada test-pack yang baru saja ia beli di dalam tasnya. Tak lama lagi ia segera akan tiba di rumah dan segala kekhawatirannya akan sirna.

Semua akan baik-baik saja.
----

Ketika Gun tiba, Mira masih terbaring di tempat tidurnya. Entah sudah berapa jam ia di sana, tergolek dengan mata menerawang dalam gelap. Kedua matanya sembab dan basah. Kenapa ini bisa terjadi?

Langkah kaki Gun terdengar mendekat. Lelaki yang dicintainya.


“Yang, aku pulang. Kamu sudah tidur, ya?”

Gun membuka pintu dan menyalakan lampu. Cahaya menerangi kamar itu dan Gun merasakan ada sesuatu yang tidak biasa.

“Sudah malam begini, kenapa jendela masih terbuka?” tanya Gun heran. Dilihatnya Mira masih mengenakan pakaian kerjanya, berbaring di atas tempat tidur dengan mata merah dan rambut yang kusut. “Mir, kamu kenapa?” Gun duduk di sisi tempat tidur dan mengulurkan tangannya ke wajah Mira. “Kamu sakit, Mir?”

Mira mengerjapkan matanya yang terasa perih. Ia menggeleng. Tangannya lemah mengulurkan sebuah strip kecil berwarna putih kepada Gun.

“Apa ini?”
Test-pack, Gun. Aku sudah terlambat dua minggu.”

Gun memandang strip putih itu. Ini adalah pertama kalinya ia melihat secara langsung benda yang dinamakan test-pack itu. Gun tidak mengerti. Ia tidak bisa mencerna apa yang telah terjadi.
“Positif, Gun. Aku hamil,” tangis Mira kembali meledak.
Gun terpana. “Bagaimana bisa, Mir?”
Mira menggeleng-gelengkan kepalanya. “Aku tidak tahu, Gun.”
----


Sekilas Gun memalingkan wajahnya dari depan kemudi dan memandang Mira yang duduk di sebelahnya. Sudah hampir setengah jam hanya keheningan yang berada di antara mereka berdua. Dilihatnya Mira sedang menatap ke luar kaca jendela di sampingnya. Gun tahu, benak Mira sedang terbang bersama daun-daun kering yang melayang di luar sana. Di ruas jalan itu, pohon mahoni berjajar dan daun-daunnya yang kecoklatan mulai berguguran di awal musim kemarau ini.

“Mir,” Gun memecah kesunyian yang menggelisahkan itu, “Apa yang sedang kamu pikirkan sekarang?”
Tak ada jawaban.
“Mir, please. Katakanlah sesuatu. Jangan diam saja.”
“Gun, seharusnya dulu kamu ijinkan aku pasang spiral atau sekalian mengikat kandunganku,” desis Mira perlahan sambil menahan tangisan kemarahannya.

Gun terdiam sesaat. “Jadi sekarang kamu menyalahkan aku karena menganjurkan kita pakai kondom saja?” Gun mendadak kesal.
“Mir..., Mir.... Kamu dengar sendiri kata dokter Hambali tadi. Tidak ada satu pun alat kontrasepsi yang bisa memberikan jaminan seratus persen. Bagaimana pun, sekecil apa pun probabilitasnya, kemungkinan untuk hamil masih ada.”
Mira tidak menanggapi. Ia membisu dan kembali menatap ke luar jendela.

“Sudahlah, Mir. Ini sudah terjadi. Lagipula ia anak kita berdua. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah menjaganya hingga ia lahir dengan sehat. Lalu kita akan merawat serta membesarkannya, ya kan?”
“Tapi aku tidak ingin punya anak, Gun.”
Gun menghela napas panjang. “Nanti juga kamu pasti bisa menerimanya. Mencintainya. Percayalah, Mir.”
----

Sudah tiga hari berlalu, namun kesunyian yang menggelisahkan masih menggantung di antara mereka berdua. Hari-hari berlangsung seperti biasa, namun tak ada percakapan yang terjadi. Hanya keheningan yang menunggu seperti sebuah bom waktu.

“Mir, kamu masih belum bisa menerimanya?” Gun tak tahan lagi dan bertanya pada Mira yang berbaring memunggungi dirinya.
Hanya terdengar hela napas perlahan sebagai jawaban.

“Mira, aku tidak mengerti dirimu.”
“Kamu tahu aku, Gun. Dari dulu kamu sudah tahu pendirianku, bahkan sejak kita pacaran, jauh sebelum kita menikah. Aku tidak mau punya anak, Gun.”
“Tapi itu kan dulu. Terus terang aku selalu berpikir, cepat atau lambat kamu akan berubah. Apalagi kita sudah tiga tahun menikah.”
“Tidak, Gun. Kamu ternyata tidak mengerti aku. Aku tidak mau punya anak. Tidak dulu, tidak juga sekarang.”

“Ya, kau benar,” keluh Gun pelan, “aku ternyata sama sekali tidak mengerti dirimu.” Gun tercenung sejenak sebelum melanjutkannya dengan tanya, “Mira, perkawinan kita selama ini bahagia, kan?”
Mira mengangguk.

“Kita pun sudah cukup mapan. Kita berdua sama-sama sehat dan mampu untuk punya keturunan. Lalu apa salahnya bila kita punya anak? Kita memang tidak merencanakannya, tapi Tuhan yang memberikannya untuk kita. Kenapa, Mir? Setahuku kamu tidak anti anak-anak. Paling tidak kamu sayang sekali pada keponakan-keponakanmu. Kamu juga bukan dari keluarga yang bermasalah. Orang-tuamu masih hidup rukun dan bahagia. Kamu tidak punya trauma, kan? Kenapa, Mira? Aku benar-benar tidak mengerti.”

“Aku egois. Ya, aku egois! Bilang saja begitu! Aku tidak mau hidupku dikacaukan dengan kewajiban mengurus anak. Hidupku menarik, Gun. Aku punya karir yang bagus. Aku punya banyak mimpi. Aku ingin melihat banyak tempat. Aku tidak mau kehidupanku berubah menjadi keharusan mengurus tetek-bengek dan remeh-temeh seputar anak. Aku tidak mau berubah menjadi pribadi yang membosankan, ibu-ibu yang hidupnya hanya berpusat pada anak dan anak saja, perempuan yang merelakan mimpi-mimpinya kandas demi anaknya. Aku tidak mau seperti itu, Gun. Aku tidak bisa. Perempuan lain mungkin bisa. Tapi aku tidak.”

Gun terdiam lama.

“Lalu, sekarang apa maumu, Mir? Anak di kandunganmu sekarang, anak kita, apa yang akan kamu lakukan dengannya?”
“Aku tidak tahu, Gun. Mungkin...”
“Kamu tidak berpikir untuk menggugurkannya, kan, Mir?”
“Aku tidak tahu, Gun. Aku tidak tahu apa lagi yang bisa kulakukan...”

Gun menggeleng tidak percaya. Ia benar-benar tidak mengerti Mira. Ia tiba-tiba merasa berhadapan dengan seseorang yang teramat asing.

Brak! Gun membanting pintu kamar. Tak lama kemudian, dari dalam kamar, Mira mendengar derung mobil Gun pergi meninggalkan rumah. Meninggalkan dirinya dalam kesenyapan.
----

Mira merasa kepalanya pusing. Bagian bawah perutnya juga terasa amat sakit. Nyeri sekali rasanya. Untuk beberapa saat ia lupa apa yang terjadi. Perlu beberapa menit sebelum ia mulai mengenali keberadaannya. Ruangan putih, seprai putih, bau obat dan antiseptik. Ini rumah sakit. Ingatannya pun berpusar. Test-pack, dua strip. Lalu hari-hari yang dilaluinya dengan rasa marah, bingung, dan penolakan. Pertengkaran demi pertengkaran yang terjadi. Hingga tadi pagi, ketika tiba-tiba perutnya terasa melilit sakit. Ada darah merembes di antara kedua kakinya. Ia ingat sekarang. Ia ingat bahwa ia berteriak memanggil Gun. Mereka ke rumah sakit. Keguguran, kata dokter. Kuretasi.

“Hai, Mir,” Gun tersenyum ketika melihat Mira sudah terbangun.

Mira menatap wajah Gun yang berada di sisinya. Dilihatnya ada setitik bening di sudut mata Gun. Gun menangis? Mira tak pernah melihat Gun menangis sebelumnya.

“Gun...,” suara Mira tercekat. Tangan kanannya hendak mengusap titik air di mata Gun.

“Sudah, kamu istirahat saja. Kamu gak apa-apa, kok, Sayang. Dokter bilang kamu hanya perlu istirahat satu minggu saja. Sakitnya akan cepat hilang. Selebihnya kamu akan baik-baik saja,” kata Gun sambil meraih dan menggenggam tangan Mira.

Mira tersenyum lemah. Teringat ia akan gumpalan darah yang merembes keluar dari tubuhnya. Apakah gumpalan itu telah bernyawa? Mengapa ia gugur? Apakah ia tahu bahwa ia tidak diinginkan lalu memilih untuk pergi? Ah, mungkin ini solusi yang terbaik.
----

Perawat mendorong kursi roda Mira ke ruang tunggu. Ia sudah diperbolehkan pulang.
“Tunggu di sini sebentar. Aku ambil mobil dulu,” kata Gun. Mira mengangguk.

Mengapa ada suara tangis bayi? Kepalanya masih terasa pusing. Ah ya, tentu saja, ini rumah sakit ibu dan anak. Dilihatnya seorang ibu yang duduk tak jauh di sebelahnya. Di pelukannya ada sesosok bayi mungil dengan pipi bulat merah terbungkus selimut merah muda. Bayi perempuan, batinnya. Milikku, perempuan juga kah? Ia menggeleng pelan. Pertanyaan bodoh, Mira.

Dipandangnya lagi bayi berselimut merah muda itu. Matanya terpejam sangat tenang dalam pelukan sang ibu yang sebaliknya seakan tak berkedip memandang bayinya. Kerongkongan Mira mendadak terasa begitu kering.

Tak tahan, Mira memalingkan pandangannya ke depan. Di seberang tempat duduknya, seorang bayi sedang menangis dalam timangan ayahnya. Sang ibu lalu mengambil alih, memeluknya, membujuknya, dan segera menyusuinya. Di sudut lain, seorang anak sedang belajar berjalan dibantu sang ayah. Dari sisi lain tempat duduk Mira, terdengar seorang anak sedang berceloteh cadel. Mira memejamkan mata. Kepalanya makin terasa berat. Luka di dalam tubuhnya kembali berdenyut sakit.

Tak lama kemudian Gun kembali. Perawat yang menemani Mira, kembali membantu mendorong kursi rodanya.
“Kamu baik-baik saja, Yang?” tanya Gun melihat wajah Mira yang begitu pucat. Mira mengangguk.
“Sakit sekali?”
“Sedikit.” Gun memapahnya, membantunya berdiri dan masuk ke dalam mobil.

Di antara derum mesin mobil yang mulai berjalan, suara tangis dan celoteh bayi di ruang tunggu tadi masih menyisakan gema di telinga Mira. Gaungnya tak hilang bahkan entah mengapa terasa semakin keras. Tubuh Mira mulai berkeringat dingin. Pandangannya berputar-putar. Perlahan dirasakannya ada rasa nyeri lain merambati dirinya. Mira menggigit bibirnya. Namun sakit itu tak juga hilang. Bukan, ini bukan dari bagian bawah tubuhnya. Rasa perih ini perlahan namun makin terasa. Seperti menusuk, mengiris, menghujam. Tepat di dadanya. Kenapa? Kenapa rasanya begitu sakit? Mira memejamkan matanya. Terasa seperti ada sesuatu sudah menggerogoti dadanya. Sebuah sendok tajam yang membersihkan rahimnya, ternyata juga telah mengorek dan melubangi hatinya.

Mira menatap ke luar jendela. Angin bertiup cukup kencang, melepaskan dedaunan kering dari ujung-ujung ranting dan menerbangkannya. Butiran bening mulai mengembang di sudut-sudut mata Mira. Pandangannya mengabur oleh air mata. Samar ditatapnya daun-daun yang melayang jatuh ke tanah itu. Mereka luruh. Gugur. Seperti anak yang sempat dikandungnya. (R)

Jakarta, Agustus 2006

43 comments:

Leadershipstreet Indonesia said...

Cerpen yang sangat bagus

Anonymous said...

Cerpennya bagus, sukses selalu ya.
gun_810@yahoo.com

Hani said...

neenoooyyy...apa kabar? cerpennya bagus ;) salam buat si ayah dan obin ya.

Unknown said...

Ayo menangkan 250K Voucher Sodexo sesimpel Like Fanpage, Follow Twitter, dan Isi Survey yang terdapat di website ACTIVORM. Activorm adalah Activation Platform untuk Social Networks Marketers, Online Marketing Ads, Internet Marketing dan sekaligus memberikan Prize bagi fans..

Unknown said...

Rajin yah bikin cerpen, semoga bisa jadi pengarang hebat

agen ace maxs said...

nice post

agen jelly gamat said...

mengharukan banget ceritanya

obat alami anak said...

cerpen yang menarik sob

obat tumor alami said...

ending yang sangat bagus

sitirobiah said...

kunjungan siang gans

Unknown said...

aduhh sedih banget , ambilah hikmah dari pelajaran itu

Anonymous said...

Cerpennya bagus.. :)
Sekalian aja ikutan proton writing competition yuk. Hadiah utama Rp 3.000.000,- lho. Daftar aja disini http://www.protonwritingcompetition.com/

Unknown said...

cerita yang sangat menarik..sukses terus untuk anda..salam galerigadget.com

Cara Mengobati Asam Lambung Secara Cepat said...

keren keren :)

CINTA BET 123 said...



agen bola dan kasino online



agen bola online



bandar bola



agen judi online



buat inulpoker. com

by inulpokercom -- nice photographyy



agen poker dan domino online



agen poker terpercaya



poker online indonesia



poker online terpercaya



buat pokerwalet. com

by pokerwaletcom -- good photo



poker online



poker online indonesia



agen capsa online



agen poker online terpercaya



agen poker dan domino

doni said...

mantap,,

downloadfotofb said...

Cerita yang sangat memukau untuk disimak. salut

NONTON FILM ONLINE said...

cerpenya menarik saya suka,,
membacany,,

NONTON FILM ONLINE said...

cerpennya menarik,,,
sukses slalu ya gan,,

Unknown said...

Hai, Mbak! Ayo, ngeblog lagi! :)
#rindu

tempat wisata di singapura : tempatwisata.biz.id said...

keren pnya nih cerpennya

Unknown said...

Indocash99 Agen Bola Terpercaya, Judi Online, Judi Bola, Agen Casino Online, Bonus Rollingan Mingguan Terbesar Live Casino, Cashback Sportsbook, Agen Poker Online, Agen Togel Online, Bonus Referral & Masih Banyak Lainnya

Ayo Bergabunglah Sekarang Juga !!!

- Minimal Deposit 50 - 100 Ribu
- Minimal Withdraw 50 Ribu
- Dapatkan Bonus Deposit 10%
- Cashback Sportsbook 5%
- Bonus Rollingan Live Casino 1%
- Cashback Slot & Tangkas 10%

Indocash99 melayani pembukaan account khusus untuk Anda :
Sbobet, Ibcbet, Mr.8, Live Casino, Slots Games, Poker Online, Togel Online

4D, FishingWorld (tembak ikan), Sabung Ayam dan masi banyak lainnya.

Pendaftaran & Konfirmasi Depo / WD Dapat Melalui :
- Live Chat : indocash99.com
- BBM : DC28212A
- Line : Indocash99
- WA : +62857-7825-9999

Depo - WD 24 Jam Online
Aman & Rahasia Terjamin.

" Berapapun Anda Menang, Pasti Kami Bayar!! "

#agensbobet #agenibcbet #sbobet #ibcbet #pokeronline #pokercash99

#indocash99 #judionline #agenjuditerpercaya #bandarcasino #agenpokeronline

#agensabungayam #bandartogel #agenbola #bandarbola #livecasino #agenjudi

#agencasino #pokeronline #judipoker #agentogelonline #agenjudionline

#judionlineterpercaya

Unknown said...

Agen Bola

Agen Bola Terpercaya

Judi Online

Judi Bola

Judi Casino Online

Agen Judi Online

Bandar Judi Online

Agen Poker Online

Poker Online

Togel Online

Agen Togel Online

Slot Online

Agen Slot Online

Cashback Sportsbook

Rollingan Turnover Casino

Rollingan Turnover Poker

Bonus Deposit New Member

Bonus Referral


Ayo Bergabunglah Sekarang Juga !!!

- Minimal Deposit 50 - 100 Ribu
- Minimal Withdraw 50 Ribu
- Dapatkan Bonus Deposit 10%
- Cashback Sportsbook 5%
- Bonus Rollingan Live Casino 1%
- Cashback Slot & Tangkas 10%

Indocash99 melayani pembukaan account khusus untuk Anda :
Sbobet, Ibcbet, Mr.8, Live Casino, Slots Games, Poker Online, Togel Online

4D, FishingWorld (tembak ikan), Sabung Ayam dan masi banyak lainnya.

Pendaftaran & Konfirmasi Depo / WD Dapat Melalui :
- Live Chat : indocash99.com
- BBM : DC28212A
- Line : Indocash99
- WA : +62857-7825-9999

Depo - WD 24 Jam Online
Aman & Rahasia Terjamin.

" Berapapun Anda Menang, Pasti Kami Bayar!! "

#agensbobet #agenibcbet #sbobet #ibcbet #pokeronline #pokercash99

#indocash99 #judionline #agenjuditerpercaya #bandarcasino #agenpokeronline

#agensabungayam #bandartogel #agenbola #bandarbola #livecasino #agenjudi

#agencasino #pokeronline #judipoker #agentogelonline #agenjudionline

#judionlineterpercaya

Tante Girang said...

Agen Poker Online Indonesia Salmonpoker.com

Poker Uang Asli
Agen Poker Online
Judi Poker Online
Bandar Poker Online
Agen Poker Terpercaya


Tempatnya Kumpulan Informasi Situs Judi Online Terpercaya Situsfreebet.com

Agen Free Chips
Situs Free Chips
Info Judi Online
Daftar Situs Freebet
Info Freechips Poker
Situs Poker Online
Situs Freebet Bola
Info Freebet


Situs Agen Judi Bola Online Terpaercaya Memberhoki.com

Situs Judi Online
Poker Online Terpercaya
Agen Bola Terpercaya
Agen Casino Online

Cerita Dewasa said...

Artikel Ini Sangat Bermanfaat :

Cerita Sex
Cerita Dewasa
Cerita Hot
Cerita Porno

Mantap Kali Gan..

Nonton Movie Online
Nonton Bioskop Online
Streaming Movie Online

Togel Online said...

Sangat bermanfaat, mungkin lebih bermanfaat jika di gabungkan dengan tips trik dalam bermain judi online yang bisa di akses di http://judionlinekita.com/ dan di http://sukseshoki.com/

disana anda akan menemukan banyak sekali informasi judi online dengan cara menang yang sangat mudah di praktekan dan di pakai oleh para pemain judi lokal dan internesional.

IDN Poker said...

bermain di idn poker bisa dapat keuntungan ratusan juta setiap hari dengan mudah dan bonusnya setiap hari di bagikan ke para pemain, anda juga bisa deposit hanya dengan modal 10 ribu tanpa harus modal besar. jika anda penasaran apa saja bonus yang bisa di dapatkan dengan bermain di idn poker bisa klik link di bawah ini untuk lebih lanjut.
http://www.introrecycling.com/index.php?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=1150971

IDN Poker said...

bermain judi online di idn poker bisa dapat keuntungan yang besar dan banyak setiap hari dengan bermain judi online di idn poker, anda cukup deposit 10 ribu rupiah saja untuk bermain judi online di idn poker tanpa harus mengeluarkan banyak modal, klik link di bawah ini untuk bermain judi online di idn poker.
http://www.ontariogroup.it/forums/user/situsidnpokeronline

admin said...

TOGELCASINO
alternatif365bet
qqvictory
STATIONBET
KAMIPOKER
DEWAVEGAS
asialive88
DEWACASINO
DAUNPOKER
BOLA168
Wymbet

Juwita Huang said...

Web Togel TOTOHOKI8
Agen togel TOTOHOKI8 pada awalnya hanya berfokus pada game atau taruhan togel online, pada tahun 2001 sampai 2011 situs togel online TOTOHOKI8 telah menjadi web togel terbaik di Indonesia. Alasanya karena agen judi TOTOHOKI8 memberikan pelayanan terbaik dan promo terbesar di Indonesia. Berikut adalah kelebihan dari web togel online terpercaya TOTOHOKI8
Kelebihan Web Togel Online Terpercaya TOTOHOKI8
Keberadaan web togel online di Indonesia jumlahnya sangatlah banyak dan beragam agen yang menawarkan promo besar-besaran. Namun dari sekian banyaknya agen judi online di Indonesia banyak pula agen judi abal-abalnya. Berikut ini adalah kelebihan web togel online TOTOHOKI8
Memiliki tampilan yang menarik dan keren
Pelayanan yang cepat dan ramah
Banyak tersedia bonus untuk semua member yang bermain
Tersedia permainan yang lengkap dan resmi
Lebih dari 200.000 member yang bermain setiap harinya

IDN Poker said...

idn poker situs judi yang sudah menjadi kepercayaan banyak pemain di indonesia untuk bermain judi poker, karena banyak permainan yang di sediakan seperti ceme online, ceme kelilng, poker online dan masih banyak lagi permain yang bisa anda mainkan hanya dengan modal 10 ribu saja, dengan berbagai keuntungan yang langsung anda dapatkan, jika anda tertarik untuk bermain di idn poker bisa klik link di bawah ini.
http://www.idolocharter.com/en/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=1266722

legendspoker said...

Link Alternatif VirtusPLay
Link Alternatif NegaraQQ Terbaru
Link Alternatif PanenPoker Terbaru 2020
Link Alternatif JudiSakti
Mudahmenang
Info Poker Online
Daftar Poker IDN
GudangPoker
Poker365
Mudahmenang
Info Poker Online
QQPokerOnline
Agen Poker Terbaik
Link Alternatif Poker
Link Alternatif QQPokerOnline
Link Alternatif Dewapoker
Link Alternatif Gudangpoker

bandarslot77 said...

jika anda ingin bermain judi slot online yang bisa menguntungkan anda setiap hari anda bisa mencoba bermain judi di http://desasumita.zeta.co.id/community/profile/agen-slot-online-terpercaya-galaxy138/ dengan berbagai pemain slot yang bisa di mainkan dengan aman dan keuntungan uang asli yang bisa anda dapatkan sampai ratusan juta perhari.

BOMJUDI said...

Gudang Judi
Bom Judi
Bom Free Spin
Hobi Spin
Twinbet Agen SBOBET
Markaspoker Situs Poker Terpercaya

BOMJUDI said...

Cocaslot Situs Slot
Situs Alternatif Kerajaanpoker
Twinbet Agen SBOBET
Link Alternatif Mpo500
Situs Alternatif Lotus303

BOMJUDI said...

Twinbet Agen SBOBET
Link Alternatif Mpo500
Situs Alternatif Lotus303
Bomjudi
Bomjudi
Bomjudi
Bomjudi
Bomjudi
Bomjudi
Hobi Spin
Hobispin

pamela said...

Info Euro
info seputar betting
info dunia betting
Situs Sportbook Terbesar Indonesia
Sportbook Spesial Euro
bomfreespin.com
Sportbook Spesial Euro

Bomjudi | Link Alternatif Bomjudi | Livechat Bomjudi said...

Judi Mesin Slot Online
Judi Online Tanpa Deposit
Isin Live Togel
Link Judi Online
Agen Bola
Judi Online24jam Slot Terpercaya
Judi Slot Pragmatic Play
Situs Parlay
Website Judi Bola Terpercaya
Judi Slot Online Apk
Cara Daftar Roulette Online
Judi Slot Online Terbaik

BOMJUDI said...

Judi Mesin Slot Online
Judi Online Tanpa Deposit
Isin Live Togel
Link Judi Online
Agen Bola
Judi Online24jam Slot Terpercaya
Judi Slot Pragmatic Play
Situs Parlay
Website Judi Bola Terpercaya
Judi Slot Online Apk
Cara Daftar Roulette Online
Judi Slot Online Terbaik
Situs Rekomendasi PokerClub88
Situs Alternatif Pokerclub88
Italia Juara Euro 2020

peracik angka said...

Slotsaja.com Yang Merupakan Agen togel terbesar dan terpercaya menyediakan Togel online, Slot Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua.

Bonus yang kami berikan :
* BONUS NEW MEMBER 5% (Langsung masuk ke Akun)
* Bonus Harian 2%
* Bonus Cashback slot 3%
* Cashback togel bulanan 2%
* Bonus Casino 5%

Sebagai bandar taruhan togel online singapore terpercaya sejak 2018 kami menyediakan 10 pasaran togel online terbaik untuk anda. Dengan diskon di setiap pemasangan angka 4D: 66%, 3D: 59%, 2D: 29% terbesar untuk anda !

Info lebih lanjut kunjungi :
Whatsapp : +6282141143597
Ayo daftar : www.slotsaja.com
Alternatif : 157.230.41.10
Telegram : t.me/slotsaja
Bukti Pembayaran : facebook.com/slotsaja808

Rotislot said...

Nice article
Slot Maxwin
Situs Slot Online
Situs Judi Online
Slot Online
Slot Gacor
Casino Online

sateslot said...

Postingan yang bermanfaat
Slot Online
Sateslot
Slot Spadegaming
Casino Online
Slot Online Terpercaya
Info Slot Gacor
Slot Bagi Bonus
Slot Deposit Pulsa

MITRA77 said...

akun pro platinum
Akun Pro Platinum
mitra77
Mitra77
Akun pro prgmatic
akun pragmatic pro