Tupai

Ada tupai di pohon kelapa
Tupai makan kelapa
Budi melihat tupai
Tupai itu lari


Ada yang tahu kalimat-kalimat di atas? Atau rasanya pernah mengenalnya dulu? Itu adalah rangkaian aksara pertama yang kusangka dapat kubaca. Kusangka dapat kubaca? Betul… Karena pada saat itu, aku benar-benar menyangka aku sudah dapat membaca.

Kemana-mana aku membawa buku itu, membuka halaman bergambar tupai, dan berkata, hey aku sudah bisa membaca. Mulailah aku ‘membaca’ bukunya .. tupai, ada tupai di pohon kelapa, budi melihat tupai, tupai itu lari…

Orang-orang besar tertawa, mereka bertepuk tangan juga. Lalu ada yang bertanya, kalau halaman yang berikutnya seperti apa bacanya? Awalnya aku tidak mengerti apa maksud mereka, kan aku sudah bisa membaca. Baru kemudian akhirnya aku tahu, aku ternyata baru bisa menghapal saja. :)

… sampai sekarang pun aku masih hapal ternyata…

Ngomong-ngomong, ada yang ingat tidak, dari buku apa cerita tupai itu ? Tolong beritahu ya kalau kalian ingat…

2 comments:

irwanjasmoro said...

buku bahasa indonesia, belajar membaca dan menulis kelas 1 sd terbitan balai pustaka

Anonymous said...

Ada pic nya gag bukunya? Nostalgia