Lagu Kanak-Kanak Abadi

Lagu kanak-kanak jaman dulu memang gak ada matinya deh.

Sudah lama saya ingin membelikan Obin kaset lagu anak-anak jaman saya kecil dulu. Akhirnya kemarin, saya sengaja menyempatkan diri pergi ke toko kaset, untuk membelinya. Judulnya Kumpulan Lagu Abadi Taman Kanak-Kanak. Semuanya ada 30 judul lagu di dalamnya. Ini judulnya:

- pelangi
- topi saya bundar
- balonku
- satu dua tiga
- ulang tahun
- bintang kecil
- bangun tidur
- naik delman
- lihat kebunku
- naik ke puncak gunung
- naik kereta apiku
- hai becak
- desaku
- tik tik tik bunyi hujan
- menanam jagung
- aku seorang kapiten
- dua mata saya
- disini senang disana senang
- burung kutilang
- ku kuruyuk
- potong bebek angsa
- anak kambing saya
- nina bobo
- teringat bunda (bunda piara)
- ibu pertiwi
- matahari terbenam
- kupu-kupu yang lucu
- bermain layang-layang
- dakocan
- sayonara/ gelang sipaku gelang


Sepanjang perjalanan pulang ke rumah, saya mendengarkan kaset itu, ikut menyanyikannya, sambil terkadang tersenyum-senyum sendiri. Wow, ternyata saya masih ingat semua lagu yang ada. Saya menyukai hampir semua lagu. Favorit utama saya antara lain adalah: pelangi, bintang kecil, tik-tik-tik bunyi hujan, naik delman, burung kutilang, dan kupu-kupu yang lucu. Ada pula lagu-lagu lain yang saya suka namun tidak ada di kaset itu, seperti: bintang kejora, bulan sabit, cemara, paman datang, ambilkan bulan bu, dan ... wahhh banyak juga ya ternyata lagu kanak-kanak jaman dulu itu. .. dan lagu-lagu itu indah semuanya. Sederhana tapi indah. Lugas tapi bernas.

Di dua site ini, saya temukan lebih dari 70 lagu-lagu kanak-kanak jaman dulu. Banyak juga, ya? Hampir seluruhnya saya tahu. Tentu ibu, kakak, dan ibu-ibu guru TK saya yang berjasa dalam hal ini. Saya kemarin juga jadi ingat bahwa dulu waktu baru masuk TK, saya puya lagu andalan: Bunda Piara. Saya dulu senang menyanyikan lagu ini jika disuruh menyanyi di depan kelas. Rasanya keren aja, soalnya teman-teman yang lain paling baru bisa lagu-lagu yang lebih sederhana seperti pelangi, balonku, cicak, dan satu-dua-tiga.

Ada yang masih ingat gak judul acara menyanyi lagu anak-anak di TVRI jaman dulu? Saya gak ingat nama programnya. Tapi saya ingat ada satu acara pelajaran menyanyi dan satu lagi acara lomba menyanyi, disiarkan sore hari di TVRI. Ada juga acaranya Pak Kasur dan Bu Kasur (Taman Indria, kalau tidak salah). Acara-acara itu jarang saya lewatkan, selain juga karena di masa itu belum banyak pilihan acara di TV kita. Acara-acara ini lah yang juga menyumbang cukup banyak bagi perbendaharaan saya akan lagu kanak-kanak abadi.

---

Kepada Ibu Sud, Ibu Kasur, Pak Kasur, Pak AT Mahmud, Pak Dal, dan semua pengarang lagu kanak-kanak abadi, saya ucapkan terimakasih banyak. Anda semua telah mengisi masa kanak-kanak saya dengan kecerian lagu-lagu indah itu. Bahkan sampai sekarang pun, di saat saya kembali menyanyikan lagu-lagu itu -- baik untuk Obin atau untuk diri sendiri -- hati terasa jadi ringan dan ceria.

3 comments:

Dian said...

Hi Neenoy,
Saya kebetulan menemukan blog kamu waktu browing internet mencari lagu kanak-kanak. Apakah CD yg kamu tulis ini sama dng CD yg terbitan Junior Record (PT Gema Nada Pertiwi) yg berjudul "Album Taman Kanak Kanak Abadi" (bersama Lidya Lau, dkk, diiringi Kak Nunuk)?

Kalau tidak sama, tolong bisa dikirimkan ke saya (email saya: d_widyawati@hotmail.com) CD kamu ini keluaran dari siapa dan siapa yg membawakannya agar saya bisa membeli juga utk anak saya.

Terima kasih banget ya.
Dian

gfutfy said...

welcome to the wow power leveling cheap service site, buy wow power leveling cheap wow gold,wow gold,world of warcraft wow power leveling buy wow gold

Media Belajar dan Bermain Bagi Buah Hati said...

Saya juga puntya koleksi lagu anak-anak nih..
tapi lagu anak bahasa inggris..

http://www.lagu2anak.blogspot.com