(Kembali) Menghampiri-Nya [Catatan Perjalanan Haji #1]

25 September - 5 November 2012. Tanggal ini saya terakan di sini. Sebagai sebuah catatan dari perjalanan besar -- lahir dan batin  -- yang telah saya lalui tahun ini. Berhaji.

Manusia sungguh mudah lupa. Hari ini, baru saja perjalanan itu berlalu 40 hari, namun ramuan aneka rasa yang saat itu begitu tajam sudah mulai menghambar. Rekaman momen-momen yang dulu begitu jelas, mulai memudar. Dan yang paling saya takutkan, grafik iman balik jadi datar lagi -- bahkan menurun -- ketika hidup dihadapkan kembali pada remeh-temeh sehari-hari.

Perjalanan haji memang tak mudah. Tapi kini yang saya rasakan, jauh lebih sulit lagi adalah mengekalkan, mengabadikan semua yang telah dialami dalam perjalanan itu. Bukan hanya sebagai sebuah kenangan, tapi hingga melebur dalam diri, dalam setiap niat, pikiran, dan tindakan.

Karenanya, betapa pun sudah mulai memudar, saya mencoba menuliskan kembali rasa dan peristiwa itu. Jika haji, menurut Ali Shariati, adalah perjalanan menghampiri-Nya. Catatan ini adalah perjalanan saya untuk 'kembali' menghampiri-Nya. Sebagai salah satu cara saja (dari banyak cara lain yang mungkin akan saya lakukan). Agar tidak lupa.

---

I want to bottle up all the feelings, emotions, 
atmosphere, events, fragments, scenes, & faces... 
I wanna bottle up all & open it later.

No comments: