Terapi Membaca

Dulu pada data diri di bagian kanan blog ini, saya menambahkan pernyataan bahwa saya suka membaca. Lalu saya hapus karena saya malu sendiri dengan pernyataan itu. Kenyataannya saya mengalami penurunan dalam minat dan kemampuan membaca. Setumpuk buku di atas rak, tebal dan juga tipis, hanya terbaca beberapa halaman pertamanya saja. Beberapa lagi malah nyaris belum pernah dibuka.

Seorang teman dulu sekali pernah berkata bahwa buku yang belum dibaca itu seperti hutang. Ia merasa bersalah setiap kali melihat buku-buku itu. Saya hanya tertawa mendengar pernyataannya. Ketika itu, buku yang tidak pernah saya baca sampai selesai hanya buku-buku kuliah saja, dan saya (hampir) sama sekali tidak merasa bersalah karenanya.

Sejak mengalami penurunan kemampuan membaca, saya jadi tahu bagaimana perasaan teman saya itu. Saya memandang buku-buku tak terbaca dengan perasaan bersalah, terutama sih karena telah mengeluarkan uang percuma untuk membelinya. Saya juga akhirnya berhenti membeli buku-buku baru, karena toh saya masih punya hutang untuk menuntaskan yang lama.

Itu terjadi sampai sekitar dua bulan yang lalu, ketika suatu hari membelikan buku untuk si kecil di toko buku yang tidak terlalu jauh dari rumah. Toko buku itu pasti sengaja ya, menempatkan rak buku anak-anak di bagian paling belakang, sehingga orang tua yang mengantar harus terlebih dulu melewati tumpukan buku-buku yang menggiurkan. Saya jadi tergoda…

Saya akhirnya mulai menjalankan terapi membaca. Tentunya saya memulai terapi ini dengan buku-buku yang ringan terlebih dulu. Saya masih trauma dengan buku tebal, bertempo lambat, apalagi bermuatan filsafat atau lain-lain yang terlalu sulit dicerna otak saya. Tak terasa dua bulan ini saya nyaris tenggelam lagi dalam lembar-lembar buku. Beberapa buku yang saya baca cukup menarik. Ada yang sangat bagus malah.

***

Sebenarnya saya sedang tidak tahu hendak menulis apa di blog ini. Tapi ternyata saya sudah menelantarkan blog ini terlalu lama. Mungkin, bila nanti saya masih belum menemukan hal-hal menarik (bagi saya) untuk ditulis di sini, saya akan menulis ulasan beberapa buku saja. Mungkin lho…

6 comments:

neenoy said...

coba

neenoy said...

komentingnya blogger makin sip, jadi pengen ganti. thanks buat haloscan buat bantuannya selama ini. sorry buat yang komennya ilang.

====

enda: baca masa depan? ajarin dong :)

atta: curi ide dari atta, ah... :)

gre: aku mau 'puing' nya mau pake tanda-tanganmu, lho

rhay: makanya sekarang posting

dy: lha mending, gw da vinci code aja belum baca sampe sekarang... ketinggalan teruss...

hani: terakhir sih baca life of pi. sebagian besar cerita settingnya di laut, lho han... mesti baca tuh... ;-)

yaya & durin: sebenernya agak males, soalnya reviewnya dah banyak, tinggal search aja di google :p . tapi liat ntar deh ya

eyi: mungkin ada nama penyakitnya :p

dian: wah... apalagi kalo udah pensiun nanti, jangan-jangan aku udah gak sanggup baca buku lagi .. hehehe

pipit: belum tahu berhasil ato gak. mulai terapinya dari yg ringan2, sekarang juga masih yang ringan2 aja :)

yudha: hehehe... majalah juga gue jarang baca, lho...

Anonymous said...

Bunda,
Disini sama sekali tidak bisa beli buku bacaan. Kalau mudik, kami borong buku. Bacanya dipirit setelah sampai disini. Kalau mudik berikutnya dibawa pulang dan kembali dengan buku baru.

Alhamdulilah disini ada British Council walau koleksinya terbatas, at least ada.

Ada Reader's Digest juga edisi baru dan lama ;).

Anonymous said...

aku suka baca apa aja, koran, majalah, novel suka dibela2in lembur/begadang. Tp kalo giliran baca yg 'untk belajar', buka hal pertama langsung menguap dan buku-nya pun berfungsi ganda jadi bantal dengan suksesnya:D

Anonymous said...

ayooo...
baca buku lagi :)

neenoy said...

syl: jadi kapan nih mudik lagi?? aku temenin borong buku deh... hehehe

rani: hehehe... sama aja ya kalo urusan buku pelajaran

alaya: hehehe... pinjem buku-buku lo, dong al, kayaknya asik-asik... :)