Latihan Darurat Kebakaran dan Evakuasi Total

Kemarin di gedung kantor saya ada latihan evakuasi total bahaya kebakaran. Yah... ini pasti gara-gara sekarang sedang banyak ancaman bom di negeri ini. Menurut teman saya, sebelum ini juga pernah dilakukan latihan sejenis yaitu waktu pasca kerusuhan 1998.

Sebenernya gak terlalu capek sih turun tangga 15 lantai (gak tahu deh kalau yang dari lantai 35, gimana rasanya ya..?). Cuma sedikit 'feeling dizzy' juga ngelihatin tangga terus selama turun. Banyak juga yang memilih untuk tidak ikut latihan dan menghilang dulu sebentar dari kantor. Tapi karena beberapa alasan di bawah ini saya memilih untuk ikut:
  • Ingin tahu... karena belum pernah.

  • Ingin tahu: tangga darurat gedung kantor saya berujung di mana ya? Selama 3 tahun ini gak pernah tahu, coba ya...

  • Itung-itung olahraga turun tangga.. udah lama gak pernah olahraga

  • Jadi ingat waktu kuliah Utilitas di Arsitektur dulu, waktu kita sedang membahas tentang fire protection. Dosen saya pernah bilang bahwa highrise building di Indonesia sebenarnya sudah banyak yang menerapkan standar fire protection utility pada perancangannya, tapi maintenance-nya rendah sekali. Apalagi manusianya, baik pengelola gedung maupun pemakainya, bodoh dan pemalas: gak ngerti bagaimana menggunakannya, boro-boro latihan evakuasi!!! Saya kan gak mau dicap bodoh dan pemalas... he..he..
Yang pasti: waktu latihan kita semua bisa tertib menunggu instruksi.. kalau pas lagi kebakaran beneran, apa bisa ya????

No comments: