Fairground Attraction

Fairground Attraction? Benda apaan sih tuh? He.. he.. Mungkin jarang sekali orang yang tahu bahwa ini adalah sebuah grup musik dari Inggris di awal dekade 90 (atau akhir 80?). Jangankan di Indonesia, mungkin di negara asalnya sendiri banyak yang gak tahu, karena sekarang grup ini sudah tinggal sejarah.


Kok gue bisa tahu? Perkenalan pertama gue dengan grup musik ini adalah di era RCTI masih pakai dekoder (ada yang ingat tahun berapa tepatnya?). Waktu itu video klip jadi tontonan yang "wow". Salah satu video klip yang cukup sering ditayangkan adalah dari grup musik ini. Lagunya adalah Perfect dan Find My Love, baru belakangan gue tahu memang ternyata jadi hits di Inggris pada waktu itu. Musiknya cukup impressive (buat gue dan kakak-kakak gue waktu itu), sehinggga akhirnya kakak gue beli kasetnya. Setelah beli kasetnya, we really falled in love with this group... and for me.. I still do.

How should I describe their music...? I'll try... though I'm never good in critics.

  • Musiknya ringan dan riang... refreshing... Gue sangat menikmati just by humming their song, atau dinyanyiin dengan teriak-teriak di kamar mandi atau di mobil di tengah kemacetan Warung Buncit:-)... Enak dinyanyiin sambil jalan sambil lompat-lompat (?) ..bahkan enak untuk dipakai untuk menari-nari sendiri di kamar... :-)

  • Liriknya beberapa lugas, beberapa puitis, kadang-kadang nakal, temanya juga cukup luas. Yang paling banyak sih memang tema cinta (jatuh cinta, first kiss, patah hati, jomblo etc). Tapi ada juga tema sosial (perang, krisis ekonomi). Ada beberapa yang liriknya diambil dari puisi kuno Inggris, kata-katanya masih paka bahasa Inggris Kuno, seperti Ay, Thee.. etc.. gue kagak ngerti dah. Terus ada 1 lagu yang benar-benar lucu, yaitu tentang kucing, namanya Clare, yang making love di atas roof top.. he..he..he..

  • Musiknya kaya. Musiknya ada unsur jazznya, ada beat popnya, banyak unsur akustik, ada nuansa folknya (celtic), bahkan ada yang iramanya waltz!! Alat musik yang mereka pakai utamanya: gitar elektrik, gitar akustik, Mexican acoustic bass, drum, dan perkusi. Di beberapa lagu dibantu dengan accordian, piano, harpa kecil, trumpet, trombone, mandolin, clarinet, harmonica, tuba, vibraphone, glockenspiel (what's this?). waw.... asyik kan?

  • Vokalnya ..... amazing. Nama vokalisnya Eddie Reader. Vokalnya impressive: sangat expressive dan penuh emosi. Gak bisa komentar banyak untuk yang satu ini, sangat disarankan untuk mendengar sendiri....

  • Last but not Least: Ever Lasting. Gue gak pernah bosan... bahkan sampai sekarang...

Gue pernah punya dua albumnya yang pernah beredar di Indonesia The First of a Million Kisses dan Ay Fond Kiss. Tapi yang pertama hilang... hiks (ada yang masih punya gak...? gue pengen copy doong:-)). Album yang tertinggal sebenarnya udah lama gak gue dengerin. Gue mendadak inget lagi gara-gara bulan lalu iseng dengerin HardRock FM, si Indra (penyiar baru GMHR, yang gantiin Farhan) memutar lagu Perfect dan dia bilang kalau dia fans berat grup musik ini. Wah.... gue punya teman juga nih ternyata....

Wanna know what other people think about them? Check what they said on Amazon.com. Wanna visit a fan's site? Check this one. It has a very good overview of this group. Wanna sneak out the lyrics? Here. Wanna hear some of the song? Check out here or on Amazon free sample (you'll need Real One Player)

No comments: