Hari Ibu

Hari ini, 22 Desember, adalah peringatan Hari Ibu di Indonesia. Hari Ibu ini ternyata berbeda lho dengan Mother's Day yang dirayakan di negara-negara lain, terutama di Amerika. Perbedaannya:


  • Hari Ibu: tanggal 22 Desember, Mother's Day: on the second Sunday in May.
  • Hari Ibu: berkaitan dengan dengan sejarah perjuangan wanita di Indonesia, dan kalau tidak salah tanggalnya tersebut merupakan tanggal diadakannya kongres wanita pertama (??). Kesan pribadi saya, di sini lebih ditekankan "wanita" dari pada "ibu". Mother's Day: Kalau berdasarkan kata penggagasnya, Anna Jarvis , Mother Day ini memang didedikasikan untuk para ibu.


  • "...To revive the dormant filial love and gratitude we owe to those who gave us birth. To be a home tie for the absent. To obliterate family estrangement. To create a bond of brotherhood through the wearing of a floral badge. To make us better children by getting us closer to the hearts of our good mothers. To brighten the lives of good mothers. To have them know we appreciate them, though we do not show it as often as we ought..."

  • Kita bisa baca di koran, "Peringatan Hari Ibu yang ke-sekian" (tahun ini yang ke 74). Mother's Day tidak pernah disebut-sebut seperti itu sepertinya.
  • Peringatan Hari Ibu di Indonesia, paling banter diadakan di instansi-instansi pemerintah atau di sekolah. Kalau Mother's Day sepertinya bahkan sudah sangat komersial. Mother's Day adalah salah satu momen bagi produsen greeting card, gift, chocolate, and flowers untuk menangguk profit.
  • Di Indonesia ada Hari Ibu tapi tidak ada Hari Bapak, tidak seperti Mother's Day yang ada Father's Day-nya. Atau belum ada? Ada yang mau jadi penggagas?

Anyway, Selamat Hari Ibu....!

Notes:
Early festivals relating to the celebration of Mother's day can be traced as far back as ancient Greece, where spring ceremonies honouring Rhea, Mother of the Gods, were held. - The History of Mother's Day