Norman Rockwell

Kalau saya bilang Norman Rockwell adalah ilustrator yang paling saya sukai, berarti saya bohong besar. Soalnya, sepertinya ilustrator yang saya tahu memang cuma dia ini. Tapi saya gak bohong bahwa saya memang benar-benar suka sama karya-karyanya. Setiap karyanya ada ceritanya masing-masing, dan banyak yang penuh humor. Tingkat kedetailan gambarnya…wow… Belum lagi ekspresi tokoh-tokoh dalam ilustrasinya, sangat hidup: rasa puas, senang, takut, marah, sedih, capek, etc semuanya sangat nyata.

Dua gambar di bawah ini adalah salah satu (eh salah dua) ilustrasi favorit saya. Yang pertama judulnya The Gossips, yang ke dua Going and Coming. Coba deh klik untuk melihat image yang lebih besar. (maaf kalau agak berat ngedownloadnya, soalnya saya ingin memperlihatkan detail yang saya maksud).

the gossips going and coming

The Gossips
Sepertinya, judulnya sudah sangat menjelaskan, bukan? Tapi coba perhatiin alurnya, dan ekspresi-ekspresi tokohnya. Hua.. ha..ha.. lucu banget. Sepertinya kita jadi langsung tahu ‘the whole story’:

Si Ibu sumber gosip, sambil bisik-bisik bilang ke temannya,
“Eh.. tahu gak? Si John kan ….”
Gosip terus beredar… “Uh… yang bener…?” kata ibu yang bertopi hitam.
Gosip berlanjut… “Eh, kata si anu, Si John ….”
Terus…berlanjut, lewat telpon, dari istri ke suami, dan terus…
“Hua..ha..ha… tahu gak, Si John katanya ….” Kata Si Bapak botak dengan cerutu.
“Hua… ha.. ha…” temannya tertawa terbahak-bahak…
Dan akhir ceritanya… coba lihat sendiri ya!?

Going and Coming
Ilustrasi ini tentang sebuah keluarga yang pergi berlibur. Coba lihat apa yang mereka bawa di atas mobil, dan tebak kemana mereka pergi? Lihat juga background dan pencahayaan di kedua gambar. Yang pertama terlihat berkas-berkas sinar matahari, dan yang kedua di latar belakangnya sudah ada cahaya lampu jalan dan rumah.

Yang paling asyik adalah memperhatikan ekspresi anggota keluarga pada saat mereka berangkat dan pulang. Saat berangkat, Si Bapak menyetir dengan tegak. Anak-anak, baik yang laki-laki maupun yang perempuan, semuanya semangat dan gembira, tidak sabar untuk segera sampai di tempat berlibur. Bahkan anjing mereka pun antusias sekali. Kontras dengan saat kembali… mereka semua tampak kelelahan.. Ibu tertidur, Bapak menyetir dengan mengantuk, si anak perempuan, walaupun tetap dengan gelembung permen karet, tapi juga sudah capek. Tapi, coba deh lihat ekspresi si Nenek… he…he…he... tetap sama aja saat pergi maupun pulang.

Masih banyak karya Norman Rockwell lain yang saya suka. Mau lihat? Di sini atau di sini. And for anybody out there, who is your favourite artist? I wanna know...

Notes: All images are from The Norman Rockwell Museum at Stockbridge. I took them without permission :-}

No comments: