Lebih Ramah?

Beberapa waktu yang lalu, saya lagi keisengan, buka halaman haloscan.com – sistem komenting yang saya pakai duluuuu sekali (tahun 2003-2004 an) sebelum Blogger punya komsis-nya sendiri. Iseng-iseng keterusan, coba-coba log-in (duh takjub, username dan passwordnya ternyata benar, hahaha), dan lalu jadi kaget… “Haaah… komen-komen saya masih ada?!” Dulu aja, waktu masih pakai haloscan itu, komen-komen yang sudah lewat empat bulan otomatis hilang. Eh sekarang, setelah bertahun-tahun gak dipakai, malah terarsip dengan rapi.

Dan mulailah saya bernostalgia membaca sekilas komen-komen lawas itu. Hahaha, lucuuu! Itu adalah jaman ketika belum banyak orang menulis blog. Jaman ketika ngasih komen ke seluruh blog yang kita kenal masih terasa ringan (ya, seenggaknya saya saat itu ketagihan memberi dan menerima komen, hehehe). Jaman ketika komen-komen nge-junk -- seperti "Pertama!!! *jingkrak-jingkrak*" -- masih saya baca dengan senyum lebar (soalnya saya kadang juga suka nge-junk gituloh). Jaman ketika komen plesetan cerdas sangat ditunggu-tunggu, karena bisa bikin saya ketawa ngakak berguling-guling (hihihi ini hiperbola sih). Oh, btw, kalo mau tahu jenis-jenis komentar blog bisa baca di blognya Nita.

Tapiiii… ada satu hal lagi yang lebih bikin saya terpana: duluuuu saya terlihat jauh lebih ramah. Karena duluuu… hampir setiap komentar saya balas satu-persatu. Oops ntar dulu nih… TERLIHAT? Hmm… setidaknya begitu kelihatannya di mata saya (versi sekarang). Dan itu bisa berarti saya yang sekarang terlihat lebih tidak ramah… hehehe… Walaupun yang 'terlihat' itu belum tentu benar, sih -- baik yang dulu maupun yang sekarang (hehehe lagi…).

Btw, komen-komen jadul itu saya pasang lagi untuk posting-posting yang juga jadul itu. Kali-kali aja ada yang iseng pengen membandingkan. :p

17 comments:

Anonymous said...

hi hi hi.. belum tentu juga sih, kalau ngga ada jawaban kita di komen yang masuk berarti ngga jawab. Bisa jadi malah dijawab langsung di blog si pemneri komen ;)

--durin--

Anonymous said...

halah, salah tulis. :D

intinya :
jawaban untuk komen yang masuk bisa jadi disampaikan langsung di blog si pemberi komen. *kok pake dijelasin, Rin?* =))

--durin--

Enda Nasution said...

hihihi blogger jadul ya mbak?

Hani said...

sama dong...suka ngarep dengan komen yang bikin ngakak guling2...hahaha

Anonymous said...

komen pertama kali saya apa ya bun?

:)

abhirhay said...

pakabar bun... wah pasti ketawa sendiri baca komen jadul... gimana kabar obin? udah nol besar ya. makin jago ngarang cerita ya...hehehe

dy said...

kesimpulan: orang lagi semangat biasanya lebih ramah....?

nl said...

tahun segituan kayanya aku blom kenal blog deh.. :p

eh, koq tahu..itu bukan siapa..!?! tapi apa..?!? :D

neenoy said...

durin:
atau bisa juga dijawab lewat email ;)

enda:
tapi belum sejadul dirimu, kan? hehehe...

hani:
tapi yang kayak gitu agak langka. makanya diarep-arep, ya, han.

gre:
monggo, dicari sendiri di arsip. entar kalo udah nemu, kasih tahu ya, hihihi

abhi:
obin masih nol-kecil, abhi... tapi iya, makin jago ngarang cerita dia :)

dy:
tergantung semangat apa dulu, kali ya, dy... kalo lagi semangat membisu, malah jadinya kelihatan gak ramah. hehehe emang ada ya semangat membisu? :)

imgar:
ya, nebak-nebak aja petunjuk yang ada di sana ;)

Anonymous said...

yayayya
saya dulu biasa berkomen dengan nama: ratna. Oh terdengar sangat jaman dahulu sekali yah. hahahhaha

aduh, tiba-tiba saya kangen erly, kangen dion, kangen c'est lavie, kangen ... banyak :D

Anonymous said...

walah, aku lebih tidak ramah lagi sekarang ini hehe
hampir tidak pernah meninggalkan jejak kalau blogwalking..

alasan utamanya, karena seringkali tidak menemukan kalimat yg lucu, menarik, cerdas ...daripada 'basa-basi' yg tidak lucu, tidak menarik dan tidak cerdas, mending diam aja hihihihi

krn menurutku, kalau emang tidak perlu dikomentari ya tidak usah 'dipaksakan' untuk sekedar 'absen' .

cheers,

ps.nice to have you back (sering nulis lagi)

Anonymous said...

atta:
ohhh... ratna itu yang rajin keliling kasih komen, tapi gak punya blog, ya? :p hihihi...

rani:
saya juga jarang komen sekarang, terutama karena gak tahu mau komen apa :)

Anonymous said...

Wah,ide bagus juga yah.. dengan liat komen2 jadul - kita jugabisa tau siapa2 aja kawan2 lama kita dna bisa ditengok dan email gimana khabarnya mereka..

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Negeri Si Bau Kelek! :)

Anonymous said...

jadi penasaran, komen pertamaku disini apa ya bun?..heheheh

neenoy said...

@siwoer:
ada yang berubah woer, dulu nick-mu kalo gak salah mataairmata (atau mataair-airmata ?). pokoknya belum jadi 'siwoer', dulu itu. :p

@luigi:
hihihi... jujur, saya sih belum sampe kepikiran untuk email teman-teman blog yang udah menghilang :p. btw, salam juga, luigi :)

@aprian:
kira-kira mungkin semacam, "met kenal.." begitu bukan ya? hahaha... jadi penasaran juga :p

Anonymous said...

ah ... gw jadi inget, dulu niat ngeblog asalnya ya dari baca postingan di blognya bunda ini. Sampai sekarang gw masih inget postingan bunda yang tentang pembantu rumah tangga ... judulnya dah lupa apaan ..

neenoy said...

johan:
posting yang mana ya? *bingung*