Identitas



Sebagian orang memilih untuk menjadi anonim dalam blognya. Ada saat-saat aku juga berharap menjadi anonim, tanpa nama, tanpa jati-diri. Sudah terlambat. Dua tahun lebih memelihara blog ini, identitasku bertebaran di mana-mana. Memang sih, tidak ada profil detail yang aku tulis. Hanya saja bila ada seseorang yang terlalu iseng menelusuri satu persatu postingku sejak awal hingga kini, ia akan mendapatkan cukup banyak data tentang diriku. Dari nama hingga tanggal-tanggal khusus… dari kegemaran hingga ukuran sepatu? Untung yang terakhir itu belum pernah kutulis.

Burukkah itu?

10 comments:

Anonymous said...

Hi, Bunda Obin.....
How are you? Akhirnya ada postingan baru..... Baca-baca dulu ah.

SyL

Anonymous said...

apa boleh bikin, kita hanya bisa sepenuhnya anonim -- tepatnya bukan "tanpa nama", tapi "menjadi pribadi yang lain" -- kalau kita nggak pernah buka identitas, nggak pernah menyapa blogger lain sebagai dirinya meski kita kenal, dan bahkan orang terdekat kita pun nggak tahu kalau kita punya blog.

betulkah ini neenoy yang tukang poto, bisa bikin pernik, yang rumahnya sekarang nomor 24, dan dulu waktu kecil suka main di bawah pohon flamboyan? betulkah ini neenoy yang suka perahu kertas, suka ngingetin suami untuk mengunci pintu mobil, pernah motret suami dan anak melintasi jembatan tua? betulkah blablablabla? :)

gimana bisa jadi anonim eh orang lain?

Anonymous said...

oh ya, nambah. kita bisa menjadi anonim atau orang lain kalau blogger lain nggak berceloteh tentang kita, baik di blognya maupun di luar blog. termasuk celoteh pernah dihadiahi pernik keramik dari neenoy :)

Anonymous said...

Imponk, said...

Mula-mula dulu saya juga menyembunyikan diri. Inginnya gak diketahui orang. Tapi lama-kelamaan jadi ribet, pasalnya untuk bercerita membutuhkan penjelasan yang gamblang. Okelah, akhirnya saya sedikit membuka diri. Dan selama itu, alhamdulillah, aman-aman saja :D

Anonymous said...

kalau aku berusaha untuk terbuka tetapi tidak (sampai) buka-bukaan:D

Nice to have you back!

Anonymous said...

bagi saya BLOG bukan sebuah pentas drama tapi lebih sebuah konser musik :))

Anonymous said...

Hehehe, sama ternyata mikirnya.
Beberapa waktu belakangan ini, saya kepikiran untuk membuka blog lain dengan identitas berbeda sama sekali.

--eyi
(btw, kok ga bisa komen 'blogger' ya?)

Wira said...

Aneh, saya juga berpikiran yang sama, namun untuk saya, lebih kepada kebebasan 'berceloteh', tanpa dibebani oleh apa pendapat orang dan efeknya ke image pribadi, mungkin sayanya saja yang terlalu jaim, rasanya itu manusiawi. Tiap orang tentu punya alasan yang berbeda tokh :-)

Hani said...

aku lebih suka blog yang identitas pemiliknya jelas, karena rasanya si empunya jadi bisa lebih bersahabat dengan aku. tau nggak kalo blogmu yang men-inspire aku untuk buat blog :)

bunda, kok comsysnya blogger bisa otomatis ngebuka kaya' haloscan ya...ajarin dong. trus naruh foto ato gambarnya gimana ya

neenoy said...

syl: iya nih... kelamaan menghilang krn mikirin identitas... :P

kere: emang gak mungkin bener-bener jadi anonim sih ya... btw, ralat: aku bukan tukang poto. semua poto disini boleh nyomot, kecuali ya poto jembatan dulu itu :)

imponk: aman-aman aja ya? iya, saya juga rasanya aman-aman aja sih...

rani: bisa dibilang sih mungkin semua begitu kali, cuma batas antara terbuka dan buka-bukaannya itu berbeda2 tiap orang. iya gak sih? :)

qky: jadi blog = live-show, bang?! siiip!! :))

nita: ember... pengen juga iseng ekperimen jadi orang lain, dan melihat bagaimana 'efek'nya ;)
btw, gw pernah lho buka blog lain spt itu. tapi ternyata gak bertahan lama. capek. jadi diri sendiri aja suka capek... hehehe :)

eyi: gw dah pernah. tapi ya itu dia, gak lama... tapi sok atuh dicoba, yi... kali aja merasa lebih cocok gitu :)

wira: kalo gue mungkin gabungan antara 'jaim' dan 'cuek'. kalo sangat jaim sih dari dulu gak akan bikin blog kali ya... :)

durin: mana? mana angka? oh.. yang itu? dah detil ya? hehehe....

hani: iya, hani kan udah ngasih tahu dari dulu :p

btw cara bikin komen pop-up, awalnya diaktifin aja dulu fungsi pop-upnya di setting komenting blogger. ini memang fitur baru dari blogger. terus kalo foto, harus upload foto di profil bloggernya. gitu aja dulu ya, han. kalo masih ada yg belum jelas, ya ditanyakan lagi aja...